Mulhouse, UHA dan MIPS

mulhouse-422644Sejak bulan Oktober 2011, saya melanjutkan studi doktor tahun kedua saya di Prancis. Tepatnya di sebuah kota yang bernama Mulhouse (dibaca Mulus). Kota ini terdapat di sebelah Timur Prancis, tepatnya di wilayah Alsace. Berbatasan dengan negara Swiss dan Jerman. Kota kecil yang nyaman dan tidak begitu ramai.

Rencananya saya akan studi selama 2 tahun disini. Kampus saya bernama Universite de Haute-Alsace. Satu satunya kampus milik pemerintah di wilayah ini.
Universite de Haute-Alsace terletak di 2 kota yang berbeda yakni Mulhouse dan Colmar dan 5 lokasi kampus. Di kota Mulhouse berada di kawasan Illberg, Collines dan Fonderie. Sedangkan di kota ada di kawasan Grillenbreit dan Biopôle. Civitas akademik nya hanya terdiri dari kurang lebih 8000 mahasiswa, 500 dosen dan 450 tenaga administrasi.

Universitas ini memiliki multidisiplin pendidikan. Menawarkan lebih dari 100 jenis pelatihan dan bidang untuk Sarjana, Master dan PhD dengan 4 domain nasional :

  • Seni, Humaniora, Bahasa (Arts, Lettres, Langues)
  • Hukum, Ekonomi dan Manajemen (Droit, Economie-Gestion)
  • Humaniora dan Ilmu Sosial (Sciences Humaines et Sociales)
  • Sains, Teknologi, dan Kesehatan.Sciences, Technologies, Santé.

Logo_UHA-Université-de-Haute-Alsace

15 bidang riset yang terbagi dalam 3 kelompok :

  • Kimia, Fisika, Material (Chimie, Physique, Matériaux)
  • Engineering Science (Sciences Pour l’Ingénieur)
  • Humaniora dan Ilmu Sosial (Sciences Humaines et Sociales)

Selain itu memiliki 4 Fakultas, 2 Sekolah Tinggi Engineer dan 2 Institut Teknologi, sbb :

2 Ecoles d’ingénieurs :

2 Instituts Universitaires de Technologies

4 Facultés

Di sini saya akan melakukan riset di bidang penelitian software engineering, network protocol dan simulation. Bagi mahasiswa doktoral, disini hampir tidak ada perkuliahan. Kecuali beberapa ‘formation’ (kursus singkat) yang wajib diikuti. Seperti formation literatur, bahasa dan formation skill terkait dengan riset masing-masing.

httpvh://www.youtube.com/watch?v=ZmjzBOOn8QU

Labs penelitian saya berada di bawah Sekolah Tinggi Engineer “ENSISA” (Ecole Nationale Superieure d’Ingénieurs Sud Alsace). Labs besarnya bernama MIPS (Modélisation, Intelligence, Processus et Systèmes). Saya berada tepatnya di Labs group riset Software Engineering (Génie Logiciel), salah satu dari 6 group riset MIPS. Group riset MIPS yakni :

 

[google-map-v3 width=”350″ height=”350″ zoom=”12″ maptype=”roadmap” mapalign=”center” directionhint=”false” language=”default” poweredby=”false” maptypecontrol=”true” pancontrol=”true” zoomcontrol=”true” scalecontrol=”true” streetviewcontrol=”true” scrollwheelcontrol=”false” draggable=”true” tiltfourtyfive=”false” addmarkermashupbubble=”false” addmarkermashupbubble=”false” addmarkerlist=”5 Rue de la Loge, Mulhouse, France{}arch.png{}Home” bubbleautopan=”true” showbike=”false” showtraffic=”false” showpanoramio=”false”]